Tanpa KTP, Komunitas Waria Sulit Akses Fasilitas Negara

by
Aliansi Waria Peduli Yogyakarta
Aliansi Waria Peduli Yogyakarta melakukan audiensi ke Badan Kesbangpol DIY, Jum'at (6/07).

“kesulitan kami adalah, diantara kami masih ada yang tidak memiliki KTP, Sehingga mempersulit kami untuk mengakses fasilitas sebagai warga negara”

Ungkapan Rully salah satu perwakilan dari Aliansi Waria Peduli Yogyakarta kepada Swaranusa.NET, usai mereka melakukan audiensi ke Badan Kesbangpol DIY, Jum’at (6/07).

Di Indonesia, KTP menjadi hal yang wajib dimiliki oleh warga negara untuk bisa mengkases fasilitas negara. Ini jugalah yang mendasari Aliansi Waria Peduli Yogyakarta untuk melakukan audiensi, karena masih banyak dari mereka yang belum memiliki KTP.

Rully juga menambahkan bahwa waria juga bagian dari negara dan juga berkontribusi kepada negara. “waria adalah bagian dari bangsa ini yang terintegrasi dan tidak bisa dipisahkan, Kami sudah melakukan kontribusi kepada negara, melakukan kegiatan sosial selama bertahun-tahun, dan kami tidak mengembangkan ideologi baru, dogma-dogma baru” tambahnya.

NIK dan KTP adalah tanda secara administrasi yang legal, bagi seorang warga negara. Seseorang mampu dikatakan sebagai warga negara, manakala dapat dibuktikan secara administrasi menggunakan NIK dan KTP. Alian waria Yogyakarta mengeluhkan, bahwa diantara mereka masih banyak yang tidak mampu mengakses fasilitas publik karena kendala NIK dan KTP.

Ibu Suhartini perwakilan dari Biro Tata Pemerintahan Setda DIY dalam pertemuan ini menjelasakan solusi yang bisa dilakukan komunitas waria untuk mendapatkan NIK dan KTP.

” Solusi anggota teman-teman waria yang belum memiliki identitas, nanti kalau secara registrasi sudah diproses, setiap yang bertanggungjawab sebagai induk, monggo datanya disampaikan ke kami, termasuk wilayah kota bapak dan ibu domisili. Nanti kami akan komunikasikan ke setiap kabupaten kota, gitu. Asal itu tadi yang bertanggungjawab sudah jelas, Siapa? nanti akan diproses NIK kependudukannya” Ungkapnya. (/wi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *