Kerlip Lilin di Tugu Jogja, Sebuah Aksi Solidaritas Untuk Surabaya

by
Kerlip Lilin di Tugu Jogja, Sebuah Aksi Solidaritas Untuk Surabaya
Aksi Solidaritas, Doa, dan Orasi Perdamaian Terkait Tragedi Teror Surabaya di Tugu Jogja, Minggu (13/5) malam

“Biarlah pengalaman ini menjadi pengalaman yang menyatukan kita untuk bangkit memperjuangkan keberagaman,”

Seruan untuk bangkit tersebut dikemukakan oleh orator dari Srikandi Lintas Iman dalam Aksi Solidaritas dan Doa Bersama untuk korban teror di Surabaya, Minggu (13/5) malam.

Rangkaian teror yang terjadi di Surabaya mengundang keprihatinan yang mendalam dari berbagai kalangan termasuk warga Jogja. Berbusana serba hitam, ratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sipil Jogja berkumpul di Tugu Pal Putih guna menunjukkan rasa duka citanya. Tak kurang 60 elemen masyarakat di seluruh Yogyakarta berpartisipasi dalam aksi kali ini.

Aksi damai diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan orasi perdamaian dari berbagai tokoh lintas agama. Diiringi lagu gugur bunga, suasana semakin syahdu tatkala massa mulai menyalakan lilin dan berdoa bersama. Mereka tampak hening dan menundukkan kepala larut dalam duka yang mendalam.

Aksi tersebut juga diwarnai dengan pembacaan pernyataan sikap yang antara lain meminta kepada pemerintah terutama pihak kepolisian untuk menemukan dan menindak tegas otak aksi teror di Surabaya. Mereka juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada dengan aksi teror dan kekerasan serta tidak terpancing untuk melakukan tindakan balasan.

Koordinator aksi, Mukhibullah, menyatakan bahwa kedepannya upaya meyerukan perdamaian akan terus dilakukan. “Mungkin selanjutnya kita akan kampanye melalui media sosial. Bersama-sama kita lawan terorisme,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *