KPAN Mulai Lebih Terbuka

by
Pergantian Sekretaris Nasional KPAN, mulai menunjukkan perubahan, meski belum ada yang mendasar. KPAN dinilai menunjukkan keterbukaan kepada publik dengan membuka rapat Pelaksana KPAN. “Perubahan kecil yang bisa dicatat,” kata Aditya Wardhana, Direktur Indonesian AIDS Coalition (IAC), pekan silam.
Menurut Edo, panggilan akrab di jaringan aktivis HIV dan AIDS, belum terlihatnya perubahan yang signifikan karena acuan program masih menggunakan SRAN 2010-2014 yang dibuat pada masa periode Sekretaris KPAN sebelumnya. “Mungkin dalam Mid term review bulan Maret tahun depan akan terlihat ada tidaknya perubahan pendekatan dan strategi dari Sekretaris KPAN yang baru ini,” ujarnya.
Hal penting lain yang bisa dilihat dalam penanggulangan HIV dan AIDS, dalam laporan UNGASS on AIDS 2012, meniru Edo ada kenaikan anggaran dalam negeri. Ditambah dengan komitment pendanaan 100% ARV dengan menggunakan anggaran dalam negeri. Kenaikan ini terutama pada komponen CST dan pencegahan. Tetapi anggaran yang bersifat cross cutting issue, tampaknya masih stagnan.
“Padahal, isu cross cutting inilah yang bisa mendorong inclusivitas program AIDS yang terintegrasi dengan isu pembangunan lainnya,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *