Youth Forum DIY, Desak Negara Berikan Pendidikan Kespro yang Komprehensif bagi Remaja

by

Remaja yang tergabung dalam Youth Forum DIY mengadakan konferensi pers di Youth Center PKBI DIY untuk mendesak negara melakukan upaya serius dalam menurunkan angka risiko reproduksi dan seksual di kalangan remaja.(06/04/2017)

Berdasarkan data dari BPPM tahun 2015 terjadi 340 kasus kekerasan seksual, 512  kasus kekerasan psikis dan 478 kasus kekerasan fisik. Pada tahun 2016, menurut PKBI DIY kekerasan fisik, psikologis dan seksual pada remaja perempuan  usia 10-24 tahun mencapai 443 kasus.  Sementara itu data dari Dinas Kesehatan per November 2016 jumlah remaja yang mengalami persalinan sebanyak 720 kasus, dan jumlah kehamilan tidak diinginkan pada remaja per November sebanyak 686 kasus.

Upaya Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam memberikan pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi yang konprehensive pada remaja, telah tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 109 Tahun 2015. Meski sudah ada Pergub, namun faktanya berbagai bentuk kekerasan seksual dan reproduksi yangdialami remaja masih tinggi dan perlu mendapatkan  perhatian khusus.

Belum maksimalnya Pendidikan Seksual Konprehensif yang diberikan pemerintahkepada remaja menjadi salah satu faktor yang melantari remaja mengalami kekerasan seksual Karena ketidaktahuanya. Selaras dengan yang disampaikan oleh Ndaru Tejo Laksono, Ketua Youth Forum DIY “ terkadang remaja yang mengalami Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) tidak mengetahui apabila melakukan hubungan seksual dapat mengalami kehamilan dan menularkan IMS.”

Akses layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang belum sepenuhnya ramah dan masih adanya stigma kepada remaja yang mengalami KTD, menjadikan remaja enggan untuk mengaksesnya “ stigma dan diskriminasi pada remaja yang mengalami KTD terkadang membuat remaja juga enggan akses layanan” tambah ndaru.(Nai)

About Author: redaksi

Gravatar Image
Alamat Redaksi Iklan dan Promosi Jl. Tamansiswa Gg Basuki MG II/558 Yogyakarta - DIY - Indonesia 55151 Telp : (274) – 419709 Email : redaksi@swaranusa.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *